09
MAR
2021

PENTINGNYA BELAJAR MENDENGARKAN DAN MEMAHAMI

Membangun kominaksi adalah  kunci dalam kehidupan agar terciptanya hubungan anatar makhluk sosial. Dikatakan penting, karena ketika kita membangun jalinan konikasi itu akan terciptanya suatu yang penting seperti: munculnya ide- ide yang kreatif, memberikan solusi ketika ada suatu masalah dan yang lainnya.

Tidak adanya mendengar, sering kali akan memunculkan adanya permasalahan dalam hidup. Karena, aktiifitas mendengar adalah suatu jembatan tersampaikannya komunikasi antar makhluk yang satu dengan yang lainnya. Salah satu penelitian membuktikan bahwa semakin banyak kita menyimak atau mendengarkan maka makin pula meningkatkan kecakapan dalam bercakap seseorang.

Dalam mendengar kita juga tidak akan luput dengan yang namanya memahami. Mengapa harus ada memahami? Karena dengan memahami, kita akan lebih mengerti dengan suatu kondisi dihadapan kita. Contoh pentinganya memahami misalnya dalam suatu kelompok, disitu kita harus memahami antar satu anggota dengan anggota yang lainnya, agar kelompok itu dapat bertahan sampai tujuan mereka terlaksana dan bisa jadi dengan saling memahami, akan timbul proses dimana kita bisa menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi dalam kelompok itu. Oleh karena kita harus belajar mendengarkan dan memahami dalam kehidupan kita.

Dapat disimpulkan tujuan dari kita belajar mendengarkan dan memahami adalah tercapainya keselerasan dalam hidup sehingga tidak adanya kesalahpahaman yang berakibatkan kesalahan yang fatal.

            Seperti yang banyak orang sampaikan, “Kebersamaan adalah memahami. Maka yang tak sabar mendengar dan mengerti, harus sabar dengan sepi dan sendiri. “Jangan pernah sakit hati bila engkau sering diremehkan oleh orang lain. Tapi sakit hatilah bila engkau tak lagi mampu menghargai orang lain.”

Leave a Reply

*

captcha *