Sidang PPBS, P3M dan KKL

Alhamdulillah pada hari Kamis tanggal 28 April 2016, STIQ Isy Karima telah melaksanakan Sidang PPBS, P3M dan KKL. PPBS adalah singkatan dari Penguatan Program Basis Sosial, yang mana dalam kegiatan ini mahasiswa dituntut untuk mencari data-data yang ada di desa tempat tinggal mereka. Data itu bisa berupa jumlah penduduk, jumlah tempat peibadatan, jumlah penduduk islam, jumlah penduduk non islam, dsb. Tugas ini di berikan oleh STIQ Isy Karima untuk Mahasiswa/i SMT II.

Sedangkan P3M merupakan singkatan dari Penyusunan Program Pendampingan Masyarakat, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan PPBS. Setelah mereka mengetahui keadaan penduduk di desa mereka, maka mereka dituntut untuk bisa melakukan sebuah kegiatan dimasyarakat yang fungsinya untuk menanggulangi problem-problem yang ada yang sudah mereka dapat pada saat melakukan PPBS. P3M ini merupakan tugas lanjutan dari PPBS yang diamanahan kepada SMT IV untuk melakukan kegiatan dan laporannya.

Sedangkan kegiatan yang terakhir adalah KKL, KKL singkatan dari Kuliah Kerja Lapangan. Dalam kegiatan ini Mahasiswa/i diberi amanah untuk memilih satu lembaga atau institusi tertentu, kemudian mereka dituntut untuk mencari data mengenai lembaga atau institusi yang mereka pilih tersebut. Data tersebut bisa berupa Sejarah berdirinya lembaga tersebut, visi-misinya, programnya dll.

Itulah tiga kegiatan yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa/i pada liburan semester ganjil kemarin, yang mana kemarin pada Hari Kamis, Tanggal 28 April 2016, mereka baru melakukan sidang laporan atas apa yang sudah mereka kerjakan selama liburan tersebut. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini  bisa menguatkan jaringan dan hubungan mahasiswa/i dengan masyarakat didesanya pada khususnya dan masyarakat umum pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.