Kata Pengantar

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT. Sholawat dan salam tetap terlimpahkan pada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW  yang telah berhasil membawa ummatnya dari kegelapan menuju cahaya Islam. Tidak terasa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isykarima, Karanganyar telah melampui satu semester.

Kita ketahui bahwa STIQ lahir merupakan konsekuensi logis dari perkembangan dan dinamika Ma’had Tahfizhul Qur’an Isykarima, yang mempunyai visi Mencetak Kader Ulama Hafizh yang Berjiwa Da’i dan Mujahid. Sedangkan Visi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, yaitu Terwujudnya Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang memiliki keunggulan dalam bidang tahfizh, ilmu al-Qur’an dan  tafsir, didasarkan pada Iman dan Taqwa.

Untuk mewujudkan visi tersebut ada tiga tahapan, yaitu pertama, tahap perintisan. Kedua, tahap pertumbuhan. Ketiga, tahap perkembangan. Pada tahap perintisan ini disebut sebagai tahap konsolidasi, baik SDM & kelembagaan. Secara praktis mengantarkan STIQ sebagai Sekolah Tinggi (ST) yang terakreditasi. Untuk Periode Tiga Tahun (3) Pertama akan memprioritaskan pada dua komitmen. Komitmen Inti Pertama yaitu Kapasitas Institusi dan Komitmen Inti. Kedua adalah Efektivitas Pendidikan. Intinya, terwujudnya STIQ bisa menjadi wahana aktualisasi keilmuan yang nyaman dan produktif bagi para ulama dan ilmuwan, baik domestik maupun internasional, yang mempunyai komitmen dan kepedulian bagi pengembangan Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Untuk mewujudkan komitmen (Tahap Perintisan) tersebut telah tersusun tujuh puluh satu (71) program dan baru direalisasikan dua puluh sembilan (29) program untuk Semester Ganjil (2012/2013). Rinciannya sebagaimana terlampir. Terlaksananya program tersebut tidak lepas semangat dan kerjasama serta kontribusi semua pihak, terutama pihak yayasan, pengasuhan Ma’had dan jajarannya, juga tidak kecil kontribusi Kaprodi, Waket 1, Waket 2, Waket 3 dan Waket 4, serta kepala biro Laboratorium Bahasa, Perputakaan, Sarana & Prasarana serta transportasi, staf umum dan office boy serta semua pihak yang tidak bisa disebut satu per satu dalam kesempatan ini. Semoga Allah SWT senantiasa mengiringi kita semua dengan kebaikan dan keberkahan.

Akhirnya, sekalipun kita sudah berusaha sungguh-sungguh dan hati-hati dalam menjalankan semua amanah tersebut tentunya tidak lepas dari berbagai kekurangan dan kesalahan serta kekhilafan. Nasehat, arahan, advis, kritik dan sumbang saran senantiasa kita buka untuk perbaikan program-program kita ke depan.

 

Ketua STIQ ISY KARIMA