13
MAR
2020

Tips dan Triks Menjadi Pelajar Berprestasi

Bagaiamana menjadi pelajar berprestasi?

Menjadi pelajar yang berprestasi adalah dambaan setiap orang, namun tidak semua orang bisa menjadi orang berprestasi. Prestasi belajar sesunggunya bisa di capai oleh semua orang, tak mengenal ia kaya, miskin, berasal dari kota ataupun berasal dari pedesaan. Semuanya bisa berprestasi. Yakin deh! Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi orang yang berprestasi :

  1. Sucikan dan luruskan niat lillahi ta’ala

Niat merupakan hal yang paling utama apabila sesorang akan melakukan segala pekerjaan atau aktvititas. Karena segalanya akan menjadi sia-sia jika salah niatnya. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah wajib.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَة

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Mencari ilmu juga merupakan ibadah. Jadi mari kita luruskan niat kita dalam belajar. Selain untuk menambah wawasan juga untuk beribadah kepada Allah.

  • Kesungguhan dalam belajar

Menjadi pelajar yang berprestasi memerlukan kesungguhan dalam belajar.

من جدّ و جد

” barang siapa yang bersunguh-sunguh maka ia akan berhasil.”

 Oleh sebab itu, perlu kita ingat bahwa sekolah bukanlah sekedar tempat untuk bermain, mencari teman, jajan, dan lain sebagainya. Tetapi utamanya, sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu yang memerlukan kesungguhan.

  • Disipin dalam menggunakan waktu

الوقت كالصيف إن لم تقطعه قطعك

“Waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, ia akan memotongmu”

Istilah ini sangat populer dalam kehidupan kita, oleh karena itu hendaknya kita tidak menggunakan waktu dengan sia-sia. Disiplin dalam menggunakan waktu merupakan hal yang utama untuk mecapai sebuah keberhasilan. Secerdas dan sekaya apapun kita tanpa displin maka prestasi itu takkan pernah bisa dicapai. Disiplin dalam waktu harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Coba buat agenda sehari-hari, mulai dari bangun tidur, sholat, mengaji, belajar, bermain, berolahraga, dan lain sebagainya. Apabila jadwal ini bisa kita lakukan dengan disiplin, insyaallah kita akan menjadi orang yang berprestasi.

  •  Percaya diri

Percaya diri merupakan hal yang penting bagi setiap orang, karena kita harus percaya pada kemampuan yang kiti miliki. Banyak orang yang tidak percaya diri karena merasa dirinya tidak padai, sehingga akhirnya harus bergantung pada orang lain. Sesungguhnya, setiap orang harus merasa percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, walaupunpun hasil prestasinya tidak sebagus yang dicapai oleh orang lain. Tetapi itulah hasil maksimal dari percaya diri yang dimiliki.

  • Tentukan target

Pada perjalanan setiap manusia tentu selalu punya tujuan kemana kita akan melangkah dan apa yang akan kita lakukan. Jika kita ingin memilki prestasi maka kita harus memilki target dalam belajar, berapa nilai yang harus kita capai. Misalnya kita memiliki target muroja’ah al Qur’an setiap hari 5 juz, nilai Matematika 100, Fisika 90, menang kejuaran olimpiade, dan lain sebagainya. Semua target yang sudah kita tentukan harus dilakukan dengan ikhtiar maksimal agar target-target tersebut bisa tercapai.

  •  Tumbuhkan motivasi

Motivasi atau dorongan sangat dibutuhkan oleh setiap orang, baik motivasi dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dan motivasi yang terpenting bagi setiap orang adalah motivasi internal (dari diri sendiri). Pelajar yang berprestasi adalah pelajar yang memiliki motivasi besar untuk maju, karena dia akan selalu memberi semangat pada hatinya untuk semangat dalam belajar.

  • Ikuti kegiatan berorganisasi dan ekstrakulikuler

Berorganisasi merupakan hal yang menyenangkan. Ikut berorganisasi dapat melatih kemandirian, kedisiplinan, dan kepekaan siswa dalam hidup bersosial.

  • Kita semua mempunyai prestasi

Sesungguhnya setiap diri kita memiliki prestasi karena prestasi itu bukan dilihat dari kemampuan itelektual atau kognitif saja. Setiap kelebihan yang kita miliki dan berguna bagi orang lain juga merupakan prestasi. Ingat! Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang berbeda-beda, oleh karena itu dalam prestasipun kita memiliki perbedaan. Ada yang berprestasi dalam hafalan, akademik, kesenian, olahraga, dan lain sebagainya.

  • Minta doa dari orang tua

Ridho Allah tergantung ridho orang tua. Jadi, mintalah doa dari orang tua dalam setiap langkah yang kita lakukan, agar Allah memberi kemudahan dalam segala aktivitas yang kita lakukan.

  1. Sholat dan berdoa

Segala ikhtiar dan usaha sudah kita lakukan, yang utama dan tidak boleh kita lupakan adalah kewajiban melaksanakan perintah Allah. Salah satunya adalah sholat dan berdoa. Perbanyaklah beribadah, perbanyaklah sholat dan doa kepada-Nya! Semakin sering kita mendekatkan diri kita pada Allah, semakin pula Allah memberi kemudahan kepada kita.

hanin fauziyyah

Leave a Reply

*

captcha *