10
FEB
2020

Pelatihan SAR Isykarima & Shilaturrahim Antar Relawan

Ksantrian STIQ Isykarima mengadakan pelatihan SAR dengan tema Pembukaan Latihan Dasar SAR (Search And Rescue) Isykarima & Shilaturrahim Antar Relawan, bertempat di Gedung STIQ Isykarima pada hari Senin-Rabu, tanggal 27-29 Januari 2020. Acara ini berlangsung selama 3 hari, hari pertama pagi itu acara pembukaan dan shilaturrahim antar relawan, dihadiri oleh  Ust Syihabuddin, santri Isykarima & santri Mafatih sebagai anggota SAR Isykarima, serta para relawan yang menghadiri shilaturrahim seperti : SAR KRA, BPBD KRA, RENDAN, PAGANA, RECO, PUMA PETA, FKAM, MDMC, dll.

 “ Pekerjaan antum adalah yang tertinggi, pekerjaan antum adalah yang mendatangkan Ridho Allah, dan perjalanan antum adalah Jihad Fii Sabilillah” (Ust Syihabuddin Al-Hafidz)

Siang harinya materi pengenalan serta menejemen SAR oleh SAR Karanganyar, kemudian ba’da asar hingga jam 5 itu SAR Plan & Pembagian kelompok karna jumlah kseluruhan sekitar 75 orang maka dibagi menjadi dua kelompok untuk memudahkan pelatihan lapangan esok hari.

Hari kedua bertempat di Telaga Madirda materi mengenai PPGD Air oleh PMI Karanganyar kemudian berlanjut Pengenalan LCR selam dan alat evakuasi oleh SAR Karanganyar, serta prakteknya. Dari sini kami banyak dapat ilmu-ilmu baru seperti kapan memberikan RJP (Resusitasi Jatung Paru) bagi korban yang habis tenggelam atau lainnya, jenis-jenis LRC yang biasa dipakai Marinir hingga yang biasa dipakai Rafting, Teknik pertolongan bagi orang yang tenggelam, serta berbagai macam lompatan atau penyelaman masuk air.

Hari ketiga bertempat di Gedung STIQ Isykarima materi mengenai PPGD Darat oleh PMI Karanganyar kemudian berlanjut Navigasi Darat oleh SAR Karanganyar, serta Rappling dari Gedung STIQ Isykarima. Ilmu baru lagi yang kami dapatkan, seperti baca peta topografi, mencari arah mata angin dengan kompas, bagaimana menolong orang kcelakaan yang patah tulang atau sebagainya, langkah apa saja yang harus diambil serta keberanian kita bertindak untuk menolong nantinya sangat diperlukan bukan hanya sebagai penonton bila ada musibah yang terjadi. Mental dan keberanian diperlukan sekali saat rappling karena tidak sedikit yang awalnya merasa takut saat mau rappling dari Gedung STIQ yang tingginya sekitar 20m.   

Penutupan dilaksanakan ba’da magrib di Aula Gedung STIQ Isykarima, pelatihan SAR ini bukanlah akhir melainkan awal karena judulnya saja Pembukaan Latihan Dasar SAR Isykarima, bakal ada pelatihan-pelatihan berikutnya. Ini adalah awal persahabatan antara SAR Isykarima dan SAR Karanganyar, sehingga harapannya kegiatan pelatihan SAR ini akan terus berlanjut. Pihak SAR Karanganyar sendiri membuka pintu lebar-lebar apabila SAR Isykarima mau belajar lebih lanjut, seperti belajar renang bareng mereka di kolam renang Intan Pari hari sabtu ba’da asar sampai jam 5.

Leave a Reply

*

captcha *